Kamis, 11 September 2014

upk sudah dekat, mari beajar

I. Resep serbuk bagi yang sering keluar
 R/ Serbuk bagi Acidov III           No XII
     Adde pro pulv sing
     Mebhidrolin napadisilat            50 mg
     Vit B2                                    30 mg
     SVCS                                     q.s
     m.f pulv  No. XII
      S. t.i.d I d.c
Pro : Drs. Suminto
Nah resep dengan pps, pds ini cukup sering keluar untuk serbuk bagi. Biasanya sih diambil dari resep standar yang ada di ISO atau Fornas kayak serbuk bagi Acidov, Pulv Dover, Sanprima tab dll. Untuk serbuk, ZA yang sering banget keluar itu Digoxin, Opii Pulv, Tinctur Opii, Bellad tinct, Codein, INH, Dextromethorphan, Paracetamol, Efedrin, GG, Coffein, Salmiak, CTM, Asetosal, Elaeosacch, Prednison, Srychni ext. Oh ya TOB, TOC juga pernah keluar loh jadi pelajari baik-baik ya rada ribet soalnya hehe

II. Resep salep yang sering keluar
R/ Salep 2-4                 15
     ZnO
     Ichtyol               aa  2,5
     m.f ugt
     S.u.e 
Pro : Tanti
Salep yang sering banget keluar itu salep dengan resep standar  2-4, 3-5, 4-8 dengan berbagai variasinya bisa ditambah Ichtyol, air dll. Selain itu Salep Neomycin dan Hydrocorticon juga cukup sering keluar. Untuk salep relatif mudah, waktu pengerjaan singkat dan nggak ada hal-hal yang aneh-aneh ya paling beruntung paling dapet salep yang ada minyak ikan hehe. Oh ya pelajari juga prosedur pembuatan krim dan pasta siapa tahu kalian beruntung dapat sediaan krim ! hehe. Untuk pasta biasanya yang keluar Zinc Pasta.

III. Resep larutan yang sering keluar 
R/ OBH duplo         90 ml
     contin per cth
     Dionin                5 mg
    S. 3dd cth II
Pro : Mardiyuwana (8th)
Menurut analisis saya *dilempar pake sendal* untuk sediaan larutan yang paling sering keluar adalah OBH, Sirup INH, Diphenhydr Elixir dan Sirup Neomycin. Untuk suspensi yang paling saya hafal itu biasanya yang ada Phenobarbitalnya hehe. Pokoknya kuasai segala jenis sediaan larutan baik larutan sejati (potio), emulsi, suspensi biar aman dan damai hehe. Kita kan nggak pernah tahu yang keluar sediaan apa hehe. Sedikit tips dari saya kalau mau buat corpus emulsi atau suspending agent pakailah mortir yang sedang jangan terlalu gede capek ngegerusnya dan suka pecah emulsinya.

Untuk larutan non-oral biasanya sih yang keluar lotio calamin, lotio kumerfeldi, linimen gandapura, linimen Benzyl Benzoas, gargarisma yang isinya Kalii Permanganas kayak gitu-gitu deh hehe. Untuk obat tetes baik mata, hidung, telinga sih biasanya yang ZA ada antibiotiknya gitu kayak Neomycin, Polymixin, Chloramphenicol dll.

Contoh resep tetes telinga
R/ Chloramph palm    5 %
     Polymix Sulf         10.000 UI/ml
    m.f gutt. auric 30 ml
    S. 3dd. gtt I-II ads
Pro : Fazal Dutt

IV. Resep serbuk tak terbagi yang sering keluar
R/ Sol. Formalin         5
     Calc. Carbonas     5
     Mg. Carbonas      10
     Mg. Stearat          5
     Talcum                 100
    mf. pulv adsp 1/5 pars
    S. 3dd. ue
Pro : Didin
Resep Sol. Formalin ini hampir tiap tahun keluar jadi pelajari baik-baik yaa ! Selain Sol. Formalin untuk pulvis adspersorius resep yang keluar itu yang biasanya yang ada Dexametason, Menthol, Acid Salicyl, Camphora gitu-gitu haha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar